Pada pembelajaran kali ini kita akan membahas materi dari Buku みんなの日本語 Bab 7 yang cakupan materinya terdiri atas:
1. Pola Kalimat <道具・手段>で〜ます
2. Pola Kalimat <言語>で~ます
3. Pola Kalimat 〜は<言語>で〜です
4. Pola Kalimat <人>に〜ます
5. Pola Kalimat もう~ました
Pada pembelajaran di みんなの日本語 Bab 7 ini secara umum membahas ragam fungsi dari partikel で dalam kalimat, selain yang ada di Bab 7 ini sebenarnya masih ada fungsi lain dari partikel で ini, untuk penjelasan lengkapnya bisa klik link berikut ini → LINK
Jika sudah paham mengenai macam-macam fungsi partikel で, selanjutnya kita akan membahas pola-pola kalimat diatas secara lebih terperinci dibawah ini.
1. Pola Kalimat <道具・手段>で〜ます
Pada pola kalimat yang pertama ini yaitu partikel で yang artinya "menggunakan" karena sebelumnya ada kata benda yang berupa <道具・手段> atau alat / sarana, untuk kosakata lengkap mengenai alat-alat dalam bahasa Jepang bisa klik link berikut ini → LINK
Perhatikan contoh berikut ini:
A. Bentuk Positif
私はハサミで紙を切ります。
watashi wa hasami de kami o kirimasu
Saya memotong kertas dengan (menggunakan) gunting
私はパソコンで映画を見ます
Watashi wa pasokon de eiga o mimasu
Saya menonton Film di (dengan menggunakan) Laptop
私は箸で魚を食べます
watashi wa hashi de sakana o tabemasu
saya makan ikan dengan menggunakan sumpit
B. Bentuk Kata Tanya
Pada pola kalimat ini bisa juga digunakan untuk kalimat tanya yaitu untuk menanyakan dengan sarana atau alat apa orang lain dalam melakukan aktivitasnya.
Perhatikan contoh percakapan berikut ini :
A : 日本人は箸でご飯を食べます, アリさんは箸でご飯を食べますか?
B : いいえ、食べません
A : じゃ、何でご飯を食べますか?
B : スプーンで食べます。
A : Nihonjin wa hashi de gohan o tabemasu, ari san wa hashi de gohan o tabemasuka
B: Iie, Tabemasen
A : Jya, nande gohan o tabemasuka
B : Supuun de tabemasu
A : Orang Jepang makan nasi dengan menggunakan sumpit. apakah Sdr, ari makan nasinya menggunakan sumpit ?
B : tidak. Saya tidak makan (menggunakan sumpit)
A : Lalu dengan apa makan nasinya
B : Saya (makan nasi) dengan menggunakan sendok
Contoh lainnya:
何でレポートを書きますか
Nan de repooto o kakimasuka
Dengan menggunakan (alat/sarana) apa anda menulis laporannya?
何で映画を見ますか。
Nande eiga o mimasuka
Dengan menggunakan (alat/sarana) apa anda menonton filmnya ?
2. Pola Kalimat <言語>で~ます
Pada pola kalimat kedua partikel で nya sama memiliki arti "dengan menggunakan " tapi dalam hal ini 「言語」atas bahasa, untuk mengetahui bagaimana cara menyebutkan bahasa negera lain dalam bahasa Jepang cukup mudah yaitu dengan menambahkan 「語」"go" dibelakang nama negaranya, misalnya bahasa Indonesia dalam bahasa Jepang ditulis dengan インドネシア語 "indoneshia-go". untuk kosakata lengkap nama negara lain dalam bahasa Jepang bisa klik link berikut ini → LINK
Perhatikan contoh berikut ini:
A. Bentuk Positif
私は昨日、英語でレポートを書きました。
Watashi wa kinou, eigo de repooto o kakimashita
Saya kemarin menulis laporan dengan menggunakan bahasa Inggris
私は中国語でメールを書きます
Watashi wa chuugokugo de meeru o kakimasu
Saya menulis E-mail dengan menggunakan bahasa Mandarin
B. Bentuk Kata Tanya
日本語で手紙を書きますか。
Nihongo de tegami o kakimasuka
Apakah anda menulis surat dengan menggunakan bahasa Jepang ?
日本語でレポートを書きますか。
Nihongo de repooto o kakimasuka
Apakah anda menulis laporan dengan menggunakan bahasa Jepang ?
3. Pola Kalimat 〜は<言語>で〜です
Pada pembelajaran yang ke tiga ini partikel で nya memiliki makna "didalam/dalam (bahasa)"..
Perhatikan contoh berikut ini:
A : Bentuk Positif
ありがとうは英語で"Thank you"です
Arigatou wa eigo de" Thank you" desu
Terima kasih didalam bahasa Inggris berarti "thank you"
ありがとうはインドネシア語で"Terima kasih"です
Arigatou wa Indonesia go de "terima kasih" desu
Terima kasih dalam bahasa Indonesia "terima kasih"
B. Bentuk Kata Tanya
「ありがとう」は タイ語で 何ですか。
「Arigatou」wa tai go de nandesuka
Apa bahasa Thailandnya 「Arigatou」?
これは韓国語で何ですか
Kore wa kankoku de nandesuka
Apa bahasa korenya (benda) ini
4. Pola Kalimat <人>に〜ます
Pada pembelajaran keempat ini kata kerja yang menunjukan arah perpindahan benda atau informasi, dari siapa kita menerima. ditambahkan に dibelakanganya.
Didalam Minna No Nihongo ini ada beberapa contoh kata kerja yang menunjukan arah perpindahan benda atau informasi diantaranya adalah sebagai berikut.
A. Bentuk Positif
a. あげます/もらいます
Kata kerja yang pertama yaitu あげます/もらいます yang memiliki arti "memberi / menerima". sebenarnya masih ada satu lagi yang belum yaitu くれます, untuk penjelasan lengkapnya silahkan klik link berikut ini → LINK
Perhatikan contoh kalimat berikut ini:
田中さんはトムさんにチョコレートをあげます
Tanaka san wa tomu san ni chokoreeto o agemasu
Pak Tanaka memberikan Cokelat kepada Tom
トムさんは田中さんにチョコレートをもらいます
Tomu san wa Tanaka san ni chokoreeto o moraimasu
Tom Menerima Cokelat dari Pak Tanaka
b. かけます/もらいます
Kata Kerja yang kedua yaitu かけます/もらいます yang memiliki arti "menghubungi / menerima" yang biasanya digunakan dalam Menghubungi atau menerima telepon.
Perhatikan contoh kalimat berikut ini:
田中さんは鈴木さんに電話をかけます
Tanaka san wa suzuki san ni denwa o kakemasu
Pak Tanaka Mengubungi Pak Suzuki (dengan Menggunakan) Telepon
鈴木さんは田中さんに電話をもらいます
Suzuki san wa Tanaka san ni denwa o moraimasu
Pak Suzuki menerima telepon dari Pak Tanaka
c. 教えます/習います
Pada kata kerja yang ketiga yaitu 教えます/習います yang memiliki arti "Mengajar/belajar" yang biasanya digunakan dalam hal menuntut ilmu baik itu Formal atau non-formal.
Perhatikan contoh kalimat berikut:
トムさんは田中さんに英語を教えます
Tomu san wa Tanaka san ni eigo o oshiemasu
Tom mengajari Tanaka bahasa Inggris
田中さんはトムさんに英語を習います
Tanaka san wa tomu san ni eigo o naraimasu
Tanaka belajar bahasa Inggris dari Tom
d. 貸します/借ります
Pada kata kerja yang keempat ini memiliki arti "meminjam/mengembalikan" yang biasanya berupa barang.
Perhatikan contoh berikut ini:
田中さんは山田さんに消しゴムを貸します
Tanaka san wa yamada san ni keshi gomu o kashimasu
Tanaka Meminjamkan pengapus ke Yamada
山田さんは田中さんに消しゴムを借ります
Yamada san wa Tanaka san ni keshigomu o karimasu
Yamada Meminjam Penghapus dari Tanaka
B. Kata Kata Tanya
A : 誰にひらがなを習いましたか?
B : 先生に習いました
A : Dare ni hiragana o naraimashitaka
B : Sensei ni naraimasu
A : Dari siapa kamu belajar huruf Hiragana
B : Saya belajar dari guru
5. Pola Kalimat もう~ました
Pada pembelajaran kelima ini yaitu gabungan antara もう~ yang memiliki arti "Sudah" dan dipakai kata kerja ました. Dalam hal ini adalah kata Kerja ました berarti keadaan atau gerakan yang sudah terjadi atau selesai.
Pola kalimat ini lebih sering digunakan dalam bentuk kata tanya, sedangkan untuk jawabannya ada dua kemungkinan yaitu antara jawaban positif dan jawaban negatif.
Perhatikan contoh kalimat berikut ini:
A : もう昼ご飯を食べましたか
B : (+) はい、もう食べました
(-) いいえ、まだです
A : Mou hiru gohan o tabemashitaka
B : (+) Hai, mou tabemashita
(-) Iie, Mada desu
A : Apakah anda sudah makan siang ?
B : (+) ya, saya sudah makan
(-) Belum
Contoh lainnya.
もうラーメンを食べましたか
Mou raamen o tabemashitaka
Apakah anda sudah makan ramen
もう寿司を食べましたか。
Mou shushi o tabemashitaka
Apakah anda sudah makan sushi
Semoga Bermanfaat 😇😇
0 Komentar