Header Ads Widget

Materi Terbaru

6/recent/ticker-posts

Materi Pembelajaran Minna No Nihongo Bab 6



Pada pembelajaran ini kita akan membahasa materi dari buku みんなの日本語 Shokyuu I Bab 6 yang cakupan materinya terdiri atas. 


1. Pola Kalimat 〜を〜ます
2. Pola Kalimat 何をしますか
3. Pola Kalimat <場所>で〜ます
4. Pola Kalimat 〜ませんか
5. Pola Kalimat 〜ましょう

Untuk penjelasan serta contoh kalimatnya tentang pola-pola diatas akan dijelaskan secara rinci dibawah ini :

1. Pola Kalimat 〜を〜ます
  • Pola kalimat ini digunakan untuk menyatakan aktivitas yang biasanya dilakukan dalam kehidupan sehari-hari, dimana penggunaan partikel 〜を〜  sebagai pembantu dari kata kerja transitif, yaitu suatu kata kerja yang tidak bisa berdiri sendiri dan memerlukan objek suatu kata benda, selain itu ada juga kata kerja Intransitif yang kata kerja yang tidak memerlukan objek, untuk penjelasan lengkapnya bisa dilihat di link berikut ini→ LINK
  • Hati-hati penyebutan antara 「お」dan「を」, penggunaan huruf 「を」hanya dipergunakan untuk partikel.
  • Hati-hati jangan terlalu tergantung pada partikel「を」karena pada kalimat-kalimat tertentu kadang menggunakan partikel lain seperti 「へ」atau 「に」
Pola kalimatnya. 

名詞+を+他動詞
Kata Benda + を + Kata kerja Transitif

Contoh :

A. Bentuk Positif「〜を〜ます」

水を飲みます
Mizu o nomimasu
Saya minum air

ご飯を食べます
Gohan o tabemasu
Saya makan nasi

テレビを見ます
terebi o mimasu
Saya menonton televisi


B. Bentuk Negatif 「何も〜ません」
  • Pola kalimat ini digunakan untuk menyatakan tidak melakuakn sesuatu Kata kerja apapun
Contoh :

何も食べません
Nani mo tabemasen
Saya tidak makan apapun

何も見ません
Nani mo mimasen
Saya tidak melihat apapun

何も飲みません
nani mo nomimasen
Saya tidak minum apapun


C. Bentuk Pertanyaan

a.「〜を〜ますか」
  • Bentuk pertanyaan ini digunakan untuk menanyakan kepada lawan bicara apakah melakukan aktivitas sesuai yang ditanyakan oleh lawan bicara (secara umum),
  • Untuk jawaban dari pertanyaan ini ada dua macam bisa dua macam yaitu 「はい」yang berarti "ya" atau 「いいえ」yang berarti tidak. 
Contoh :

A       : コーヒーを飲みますか?
B (+) : はい、飲みます
B (-)  : いいえ、飲みません

A       : Koohii o nomimasuka ?
B (+) : Hai, Nomimasu
B (-)  : Iie, Nomimasen

A       : Apakah minum kopi
B (+) : Iya, saya minum
B (-)  : Tidak, saya tidak minum


b. 「何を〜ますか」
  • Pola kalimat ini digunakan untuk menanyakan Jenis aktivitas secara spesifik kepada lawan bicara

Contoh :

A : 何を飲みますか
B :ジュースを飲みます

A : Nani o nomimasuka ?
B : Jyuusu o nomimasu

A : Apa yang anda minum
B : Saya minum Jus


2. Pola Kalimat 何をしますか
  • Pola kalimat ini digunakan untuk menanyakan aktivitas yang sedang dilakukan oleh lawan bicara
Contoh :

a. Bentuk Sekarang

A : 何をしていますか
B : テレビを見ます

A : nani o shite imasuka?
B : terebi o mimasu

A : Apa yang sedang kamu lakukan
B : Saya sedang menonton TV

b. Bentuk Lampau

A : 日曜日、何をしましたか
B . スーパーへ行きました

A : Nichiyoubi, nani o shimashitaka
B : Suupaa e ikimashita

A : Apa yang kamu lakukan pada hari minggu
B : Saya pergi ke supermarket


3. Pola Kalimat <場所>で〜ます
  • Pola kalimat ini digunakan untuk menyatakan atau menerangkan tempat melakukan suatu aktivitas
Contoh :

a. Kalimat Positif

学校で日本語を勉強します
Gakkou de nihongo o benkyou shimasu
Saya belajar bahasa Jepang di sekolah

うちでテレビを見ます
Uchi de terebi o mimasu
Saya menonton televisi di rumah

本棚で本を買います
Hondana de hon o kaimasu
saya membeli buku di Toko buku

b. Kalimat tanya

A: どこで朝ごはんを食べますか
B: うちで朝ご飯を食べます

A: Doko de asagohan o tabemasuka
B: Uchi de asagohan o tabemasu

A: Dimana ada sarapan pagi
B: Saya sarapan pagi di rumah


4. Pola Kalimat 〜ませんか
  • Pola kalimat ini digunakan untuk melakukan ajakan kepada lawan bicara untuk melakukan sesuatu secara halus

Contoh:

A       : 一緒に映画を見ませんか
B (+) : ええ、見ましょう
B (-)  :すみません、今日は、ちょっと。。

A       : Isshoni  eiga o mimasenka
B (+) : ee, mimashou
B (-)  : Sumimasen, Kyou wa, chotto

A       : Maukah menonton film bersama
B (+) : Iya, Mari Menonton bersama
B (-)  : Maaf, Hari ini (tidak bisa)


5. Pola Kalimat 〜ましょう
  • Pola kalimat ini digunakan untuk menyatakan ungkapan secara positif mengajak lawan bicara dan juga dipakai untuk menanggapi ajakan secara positif.
  • Kata kerja 〜ましょう ini biasanya jawaban dari pertanyaan/ajakan dari kata 〜ませんか, Keduanya saling keterkaitan
Contoh :

ちょっと休みましょう
Chotto yasumi mashou
Mari kita istirahat sebentar

映画をみましょう
eiga o mimashou
mari menonton film

Semoga bermanfaat 😇😇

Posting Komentar

0 Komentar